Mencintai Menjadikan Kita Mampu Melestarikannya

Mencintai Menjadikan Kita  Mampu Melestarikannya

Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang merdeka pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan ini tidak terjadi begitu saja melainkan sebuah hasil dari para pahlawan dimasa lalu. Sebuah perjuangan yang setidaknya harus dipertahankan hingga sekarang bagi setiap generasi.
Indonesia sendiri ialah sebuah negara yang terdiri dari 35 provinsi. Negara yang kaya akan keberagaman budaya, ciri khas, tradisi, keindahan alam dan juga karakteristik masyarakatnya. Hal tersebut menjadi sebuah keunikan tersendiri bagi Indonesia.
Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah Timur negara kita tercinta ini yaitu negara Indonesia. Terdapat satu kabupaten yang sangat terkenal di daerah ini yaitu Tana Toraja. Di sebuah tayangan yaitu Ring of Fire Adventure telah diterangkan bahwa kawasan tersebut memiliki berbagai keunikan yang perlu ditelusuri lebih lanjut lagi.
Keahlian merajut kain tenun ialah keunikan tersendiri yang tak banyak orang dapat melakukannya. Proses pembuatan yang rumit dan membutuhkan waktu lama membuat banyak orang berpikir ulang untuk mempelajarinya. Sebuah proses yang panjang pasti akan dapat memberikan hasil baik, seperti halnya kain tenun ini memiliki kualitas baik sehingga memiliki daya jual yang tinggi pula
Kecanggihan terknologi dan efek dari penggunaan media sosial yang menjadi jadi membuat banyak remaja terpengaruh hingga pada akhirnya timbul keinginan untuk menirukan. Disinilah rasa cinta terhadap budaya daerah sendiri terasa sedikit  memudar. Tak heran lagi jika sulit sekali untuk melestarikan tradisi menenun yang ada, hingga di acara Ring of Fire Adventure dikatakan bahwa akan punahnya tradisi tersebut. Sungguh sangat disayangkan apabila keunikan tersebut akan segera hilang dikarenakan kurangnya semangat dari generasi muda yang kurang membara dalam melestarikan yang telah ada dimasa lalu
Sebagai warga negara Indonesia yang baik harusnya kita mau mencintainya dan mengajak banyak orang untuk dapat mengenal lebih jauh terutama di kawasan Indonesia bagian Timur. Informasi yang kurang, tentu menjadi sebuah keterbatasan bagi setiap warganya, namun Kompas TV menayangkan kisah tentang perjalanan yang menjelajah keindahan Indonesia melalui programnya yaitu program Ring of Fire Adventure.
Hal ini membuat kita harus menyadari bahwa “ketika seseorang tidak mencintai daerahnya sendiri maka mereka akan kehilangan cara untuk melestarikan tradisi yang ada.” Semakin punahnya tradisi yang ada membuat kita seakan dijajah kedua kalinya oleh negara lain. Ring of Fire Adventure so help u guys to know about kehidupan dan keindahan di dunia ini terutama di Indonesia bagian Timur.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer